15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih ada di pencarian masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan sebagai poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidak pas dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web anda sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.

sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel