Cara Membuat Konten SEO Friendly

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

sobat malah harus waspada jika persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda dapat menempatkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Jika bisa, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat merajai page one.

0 Response to "Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel