9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
anda malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kita.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, anda dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking di artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
anda malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kita.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, anda dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking di artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan