Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih ada di page one masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat title tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak canggung dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul kamu kaku dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat situs anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

kawan malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda lagi menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan indeking di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang sobat unduh itu. Kalau bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel