Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan dalam poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

kawan malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel