9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun karena masih ada di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau harus, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel