Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Jumaat, 1 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun title artikel sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.
kawan malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun title artikel sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.
kawan malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan