15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mengindek konten anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel