Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing situs kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu menjual produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing situs kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu menjual produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan