Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

kalian malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Kalau perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel