9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.

kawan malah harus waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat sedang menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika anda menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan pokok terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan indeking di artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika bisa, kamu juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda dapat merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel