Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Selasa, 5 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kamu merekomendasikan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.
kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kawan dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai tulisan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat merajai page one.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.
kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kawan dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai tulisan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang canggih
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan