12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun karena masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika anda menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah artikel.

kalian malah harus waspada kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Contoh lagi kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling di konten itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel