Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat ide artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kalau judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

sobat malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, anda lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan indeking pada konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kalian menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel