Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita selaku penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun ide tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidak pas dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.

kalian malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu lagi menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Kalau harus, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kawan sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel