Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin masukkan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap konten malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.
kalian malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, kamu lagi membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan indeking pada artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.
0 Response to "16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan