Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.

sobat malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kawan sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau harus, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel