Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun sebab masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dari ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, anda lagi membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan memakai image berasal dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.
0 Response to "12 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan