9 Tutorial Membuat Konten Yang SEO Friendly

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika judul kamu kaku dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.

kalian malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja indeking di artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat merajai page one.

0 Response to "9 Tutorial Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel