10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda
Jumaat, 22 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.
kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.
kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.
0 Response to "10 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan