9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan dalam poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut ranking blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah postingan.

sobat malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau harus, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mengindek artikel kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel