9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar
Khamis, 14 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidak pas dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
sobat malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kamu sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten sobat cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidak pas dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Relevan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
sobat malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kamu sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten sobat cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan