15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau konten yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke robot yang bekerja crawling di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel