9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda
Sabtu, 16 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Ini harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun judul konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan menjual sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.
anda malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kamu dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di artikel kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun judul konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.
anda malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kamu dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di artikel kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan