10 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Sabtu, 16 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian menjual sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.
kamu malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.
kamu malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
0 Response to "10 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan