9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun judul konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidak pas dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.
kamu malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun judul konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidak pas dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.
kamu malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan