16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

kawan malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel