Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kamu menjual sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu artikel.
kalian malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika sobat menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, kawan dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan gambar yang kawan unduh itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin mantap peluang Google mengindek konten kawan sebagai tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan