16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun sebab masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kamu sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel