9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

kawan malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun pada prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin besar peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel