12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari master Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.

kalian malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kawan lagi membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Jika perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mengindek konten kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel