9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat title tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.

Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di halaman itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel