9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.

anda malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di artikel itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, pastikan merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Kalau harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel