9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kalau judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kawan malah wajib waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat lagi menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika harus, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar peluang Google mengindek konten kawan sebagai artikel yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel