9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

kawan malah harus waspada jika seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda sedang membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel