9 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Isnin, 4 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian menjual sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, anda lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin besar peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang berhasil.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Relevan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian menjual sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, anda lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin besar peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan