9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Fenomena yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs anda sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.

kalian malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Kalau bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel anda sebagai tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel