16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi karena masih ada di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah postingan.

kalian malah harus waspada kalau persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat lagi membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel