12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun karena masih ada di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.

anda malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan sedang menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya postingan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel