16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.

kamu malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di konten tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel