10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi karena masih ada di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel