16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kamu sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

sobat malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan image yang kawan download tersebut. Jika bisa, kawan juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel