12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Selasa, 12 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, anda lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, anda lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan