16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih ada di page one tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan dalam poin pertama karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat web anda sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

sobat malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu sedang membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu sebagai artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel