16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

kamu malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kawan lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika harus, sobat juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel