16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah memudahkan user maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

sobat malah wajib waspada jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan crawling di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, pastikan merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel