12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih ada di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kalian malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau harus, kamu juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel