16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kalian sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kalian malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ide terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika perlu, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda sebagai artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel