12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

anda malah harus waspada jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika bisa, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel