16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel